Senin, 11 Oktober 2010

PROFIL MADRASAH

 MOTO

Semangat pengabdian MAN 1 Magelang kepada kehidupan yang berkualitas dan bermartabat dinyatakan dalam moto :
A.    “Taqwa yang Ilahiah Ilmu yang Amaliah Amal yang Ilmiah dan Akhlakul Karimah”
Semangat tersebut dijabarkan dalam nilai-nilai yang harus dipedomani dan dijadikan acuan dalam berpikir, berbicara, bertindak, dan berperilaku sebagai berikut :
1.    Integritas, loyalitas, dan totalitas. Mewujudkan learning organization dalam menentukan tujuan bersama, memecahkan masalah bersama, membagi dan menyelesaikan tugas bersama, mencapai hasil dan menikmatinya bersama yang didukung dengan pemahaman yang tinggi terhadap kesepahaman yang dibuat bersama.
2.    Transparansi dan kredibilitas. Mewujudkan good governance dengan menumbuhkan keterbukaan dalam pengambilan keputusan (kebijakan), kecermatan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, serta keharmonisan dalam hubungan antar sesama warga madrasah.
3.    Kualitas dan kreativitas. Menumbuhkan quality culture yang diekspresikan dengan senantiasa menjaga mutu dalam setiap kinerja dan menghasilkan karya, tidak pernah merasa puas terhadap prestasi yang telah dicapai, tetapi selalu mensyukurinya sebagai motivasi untuk selalu berkreasi dan mengadakan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik.
4.    Saling perecaya dan menghormati. Menumbuhkan etika kepribadian dimana seluruh warga madrasah saling mempercayai, berpikir positif dan tidak saling curiga dengan saling menghormati tugas dan fungsi masing-masing warga madrasah lainnya.
5.    Disiplin. Menumbuhkan etika watak dimana setiap warga madrasah senantiasa menegakkan disiplin sesuai dengan aturan serta kesepakatan yang berlaku.
6.    Pelayanan prima sepenuh hati. Selalu memberikanA pelayanan kepada semua stakeholder dan masyarakat dengan sepenuh hati.
7.    Moralitas. Senantiasa menjaga akhlak mulia (akhlakul karimah) dalam setiap perbuatan. 



SEJARAH
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang beralamat di Jalan Sunan Bonang 17, Telpon (0293) 362928 Kota Magelang. Madrasah ini setidaknya telah mengalami tiga kali perpindahan/perubahan alamat, dan tiga  kali perubahan jenis pendidikan.
Pertamakali didirikan pada tahun 1950, bernama Sekolah Guru Hakim Islam (SGHI), beralamat di kampung Kejuron kota Magelang sampai tahun 1957. Tahun 1957 ketika masih bernama SGHI, alamatnya berpindah dari kampung Kejuron ke Jalan Tidar 21 kota Magelang sampai dengan tahun 1971. Pada tahun ini namanya sudah berubah menjadi Pendidikan Guru Agama 6 Tahun. Kemudian pada tahun 1971, alamatnya berpindah ke Jalan Sunan Bonang 17 Magelang sampai sekarang. Pada tahun 1980, sekolah ini berganti nama dari PGA 6 Tahun menjadi PGAN sampai tahun 1991. Terakhir, pada tahun 1991 terjadi konversi seiring dihapuskannya sekolah keguruan, yakni dari PGAN menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Tambahan label “Model” ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama (DIRJEN BINBAGA) No.E-IV/PP.066/KEP/17-A/98, tanggal 20 Pebruari1998, tentang penetapan sebanyak 35 MAN Model se Indonesia, diantaranya MAN Model Magelang.

VISI DAN MISI
VISI : Berakhlak Mulia, Disiplin, Terampil, Dan Berprestasi
MISI :
1.    Menumbuhkan Pemahaman, Penghayatan, dan Pengamalan ajaran Islam
2.    Menumbuhkan semangat kerja dan disiplin tinggi
3.    Melatih warga Madrasah untuk hidup mendiri
4.    Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan terpadu yang aktif, kreatif, efektif, demokratis, dan menyenangkan
5.    Menciptakan suasana kerja yang sejuk, dinamis, dan sinergis menuju puncak prestasi

2 komentar:

  1. nomor teleponnya kok tidak ada

    BalasHapus
  2. saya dengar salah satu guru muda MAN Karet magelang ada yang sudah sukses jadi motifator? siapakah dia, ada nomor HP nya?

    BalasHapus